Linux, Altenatif OS (Operating System) FREE

logo-linux

Dewasa ini semakin banyak kalangan pengguna software propietary seperti Windows yang beralih menggunakan opensource Linux yang tidak berbayar alias gratis atau free.

Linux yang diperkenalkan oleh Linus Torvald semakin berkibar, karena dibalik ke”gratis”an-nya, ternyata cukup ampuh dan mudah digunakan.

Banyak pilihan distro yang dapat digunakan.  Sebut saja Ubuntu yang sangat populer di dunia serta menduduki rangking 1 versi DistroWatch.com, ada pula Opensuse yang dibuat oleh pakar IT Jerman, serta Mandriva yang terkenal dengan kemudahan penggunaanya, serta Fedora yang merupakan turunan dari si topi merah (redhat) dan banyak lagi pilihan distro yang dapat digunakan.

Ratusan distro yang beredar di seluruh dunia, dapat dipantau dari http://www.distrowatch.com dan setiap waktu ada saja distro-distro baru  yang bermunculan.  Walaupun sebagian besar distro tersebut ternyata merupakan “turunan” dari distro-distro populer dan jadul, sebut saja Debian dan Slackware.   Walaupun seperti itu, ternyata di kalangan pembuat distro Linux, hal tersebut sah-sah saja, karena semuanya bersifat free menurut aturan GPL – GNU General Public License.

Ada banyak sofware yang bersifat open source yang dapat kita gunakan menggantikan software propietary atau yang berbayaran.  Untuk browsing dapat menggunakan Firefox atau Opera menggantikan IE, untuk keperluan Office dapat menggunakan OpenOffice, untuk keperluan multimedia dapat digunakan k-lite codec yang dapat didonwload dari filehippo.com, atau banyak lagi freeware lainnya…..

Ingin tahu lebih lanjut, silakan googling aja………cau…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s