PAY IT FORWARD – INSPIRASI SEORANG GURU ILMU SOSIAL

Saat menunggui anakku diperiksa dokter spesialis anak di sebuah rumah sakit, tanpa sengaja aku melihat film “Pay It Forward” dari saluran TV HBO.  Sebenarnya film ini sudah pernah kusaksikan 4 atau 5 tahun yang lalu.  Tetapi karena tontonan itu cukup edukatif, maka sambil menunggu aku menyaksikan kembali film tersebut.

Film yang disutradarai oleh Mimi Leder (2000) dengan pemeran utama Kevin Spacey sebagai Eugene Simonet, seorang guru ilmu sosial yang memiliki bekas-bekas luka bakar di wajahnya, Arlene McKinney yang diperankan oleh Helent Hunt, single parent yang kecanduan alkohol dan Haley Joel Osment yang berperan sebagai Trevor McKinney, bocah 12 tahun yang secara menemukan gagasan “Pay It Forward”.

Cerita dalam film yang bergenre melodrama ini, menggambarkan seorang guru yang menjadi inspirator bagi nara didiknya.  Mr. Simonet, seorang guru ilmu sosial memberikan tugas (assignment) di awal tahun pelajaran – Think of an idea to change the world – and put it into action – sebuah ide untuk “mengubah dunia” yang kemudian mendorong Trevor menemukan dan mempraktekan “Pay it Forward”.  Suatu wujud kebaikan dan pertolongan yang diberikan kepada 3 (tiga) orang, tanpa mengharapkan imbal jasa, melainkan si tertolong mesti melakukan 3 (tiga) bentuk kebaikan berwujud pertolongan kepada orang-orang lainnya yang kemudian akan dilanjutkan oleh 3 (tiga) orang berikutnya.

Struktur kegiatannya memang mirip kegiatan MLM (Multi Level Marketing), bedanya MLM dilakukan demi mengejar harta kekayaan, tetapi “Pay It Forward” dalam sebuah kerangka mulia – suatu perbuatan baik yang tidak dapat dibandingkan dan dinilai dengan uang.

Menurut Trevor, bentuk “Pay It Forward memiliki 3 persyaratan utama, yaitu:

  • Suatu bentuk pertolongan yang memang sangat diperlukan seseorang tanpa memandang siapa yang mesti ditolong
  • Objek penderita tidak mungkin keluar dari permasalahnnya jika tidak ada orang yang mau menolongnya
  • Ketika si tertolong mengalami pertolongan, maka implikasinya mesti menolong 3 orang lainnya.

Trevor-Pay it Forward

Tugas “mengubah dunia” Mr. Simonet, sang guru telah menggugah Trevor McKinney untuk segera mewujudkannya.  Trevor secara berani menolong seorang tunawisma dengan membawanya pulang ke rumahnya.  Ia memberikan Jerry sang tunawisma dan juga pecandu napza tersebut tumpangan, makanan, minuman, dan juga pakaian.  Trevor bahkan memberikan uang tabungannya untuk modal awal Jerry berusaha.  Ketika Jerry bertanya mengapa ia melakukan semua itu, Trevor menjawabnya, “Pay It Forward”.  Dalam perenungannya, Jerry pernah akan mengakhiri hidupnya, untunglah masih ada seorang Trevor yang mau menolongnya.  Sebagai wujud Pay it Forward, Jerry berusaha dan mampu memperbaiki Truk milik ibunda Trevor, Arlene McKinney yang sudah lama tidak dapat digunakan.

Peran guru atau pendidik sangatlah penting dalam mengajar, mendidik dan memberi pengaruh kepada setiap siswa di kelasnya.  Dalam hal ini,  Mr. Simonet sang guru berhasil memancing nara didik memunculkan buah-buah pikiran kreatif. Tidak disangka tugas yang kelihatannya sederhana untuk mengubah dunia mampu diwujudkan Trevor melalui ide “Pay It Forward”.

Melalui film ini dapat disimpulkan, peran utama seorang guru “sang pahlawan tanpa tanda jasa” dalam mengajar dan mendidik:

  • Dalam setiap kesempatan mengajar, guru hendaknya berupaya “memancing” siswa, agar nara didik terbiasa meluaskan cakrawala pikirannya, lalu mampu memunculkan gagasan-gagasan yang kreatif
  • Mendorong nara didik berani bertindak mewujudnyatakan gagasannya itu.

Tidaklah berlebihan jika dikatakan dewasa ini, peran guru sudah mulai bergeser, bukan lagi pusat atau nara sumber ilmu pengetahuan, karena laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Mesin pencari di internet seperti Google, ensiklopedia, buku teks, dan media lainnya harus diakui lebih unggul dibandingkan keterbatasan pengetahuan seorang guru.  Kalau demikian kenyataanya, kita patut bertanya, “apa peran utama guru dalam pendidikan?”

Semoga kita semua yang terpanggil sebagai pendidik mampu menjadi inspirator bagi setiap nara didik, sehingga impian Mr. Simonet akan dunia yang utopis dapat segera terwujud.

Daftar Acuan (gambar / foto):

http://www.screenrush.co.uk/personne/galerievignette_gen_cpersonne=24773&cmediafichier=41411.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s