ALGAE

Kata “algae” berasal dari bahasa latin untuk ‘rumput laut’  (seaweed) dan kini telah digunakan pada kumpulan organisme yang lebih luas.  Algae atau ganggang dalam bahasa Indonesia adalah organisme sederhana, tanpa diferensiasi akar, batang dan daun serta organ seksual mereka tidak ditutupi oleh pelindung.

Ganggang merupakan produsen utama dalam ekosistem air tawar dan air laut. Dalam banyak danau dan sungai mereka menghasilkan biomassa yang merupakan dasar dari rantai makanan.  Bentuk dan ukuran ganggang sangat beragam,  ada yang  berukuran  kurang dari satu mikrometer sampai beberapa sentimeter (untuk stoneworts – family Charophyta).  Secara morfologi, ganggang pun sangat beragam, mulai dari yang bersel tunggal, yang  berkoloni sampai dengan yang kompleks dan berfilamen.  Beberapa spesies bahkan mampu bergerak secara aktif.

Freshwater algae atau ganggang air tawar merupakan kelompok yang sangat beragam jumlah organismenya.  Keragaman bentuk dan keindahannya bila diamati melalui mikroskop, membuat para ahli biologi menyukai dan menelitinya selama lebih dari seratus tahun.  Namun demikian, beberapa species ganggang dapat menghasilkan racun yang cukup mematikan baik bagi organisme akuatik maupun terestrial.

Salah satu kelompok  algae yang terbesar adalah Chlorophyta.  Chlorophyta atau dikenal sebagai ganggang hijau adalah kelompok alga yang paling beragam, dengan sekitar 17.000 spesies yang dikenal (Graham dan Wilcox, 2000). Keragaman ini tercermin oleh variasi morfologi, dengan organisme yang dikelompokkan ke dalam berbagai bentuk pertumbuhan tergantung pada apakah mereka uniseluler, kolonial atau berserabut.

Di bawah ini tabel distribusi berbagai kelompok alga.

Berikut beberapa foto mikroskopik Ganggang

Ankistrodesmus

Scenedesmus

Oscillatoria

Diatom

Daftar Acuan

Graham, L.E. and Wilcox L.W. 2000. Algae Upper Saddle River, USA. Prentice  Hall.

Barsanti, Laura, and Paolo Gualtieri. 2006.  Algae:  Anatomy,  Biochemistry, and Biotechnology. Boca. Raton: Taylor & Francis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s