PILOBOLUS Si Jamur Penembak Ulung

Tahukah anda tentang jamur Pilobolus?.  Fungi yang satu ini tergolong dalam kelompok Zygomycota dan berkembang biak dengan spora (sporangiospora).  Untuk membantu spora-spora tersebut menyebar, maka Pilobolus menggunakan “senapan ” untuk menembakannya sejauh mungkin.

Pilobolus memiliki habitat hidup yang unik, yaitu di kotoran ternak herbivora, seperti sapi, kambing, domba, dsb.  Kebiasaan hidup ini mungkin tampak “mengerikan” bagi kita, tetapi jamur seperti Pilobolus sangat berperan dalam kehidupan.  Karena Jamur ini, salah satu jenis “dekomposer” yang mampu memecah bahan organik dari makhluk hidup yang telah mati.

Untuk hidup di kotoran herbivora, jamur Pilobolus harus terlebih dahulu masuk ke dalam kotoran ternak.  Ternak akan menelan spora Pilobolus ketika mereka sedang merumput.  Spora yang memiliki dinding sel yang tebal sangat sulit dicernakan, sehingga hewan ternakpun tidak dapat mencernanya.  Spora tersebut akan melewati sistem pencernaan ternak dan dikeluarkan dalam kotoran, di mana mereka akan tumbuh.

Pilobolus telah mengembangkan cara jitu untuk mendistribusikan spora-sporanya ke rerumputan. Senjata atau shotgun yang dimiliki pilobolus merupakan semacam tangkai (sporangiofor) yang membengkak di bagian ujungnya dengan bantalan massa spora hitam (sporangium) pada bagian atas.

Cahaya matahari sangat mempengaruhi pertumbuhan Pilobolus.  Di bawah ujung sporangiofor merupakan daerah yang peka terhadap cahaya (Fototropisme dan fototaksis).  Tangkai tersebut akan tumbuh ke arah cahaya matahari.  Ketika jamur telah matang, maka tekanan air di dalam tangkai menyebar sampai dengan ujung tangkai dan menyebabkan ujung tangkai meledak.  Saat itulah terjadi penyebaran spora dengan penembakan spora ke udara.  Peristiwa ini umumnya terjadi pada siang hari.

Spora-spora yag ditembakkan tersebut “terbang” pada kecepatan 10,8 m per detik dan pada ketinggian  kurang lebih 2 m dari permukaan tanah.  Mereka dapat terbang sejauh kurang lebih 2,5 m.  Kecepatan terbang spora tersebut merupakan yang tercepat di alam.  Percepatan terbang spora Pilobolus dalam 1 mm pertama adalah 0 – 45 mph. Pilobolus dapat kita sejajarkan dengan sniper yang ulung, karena spora-nya dapat terbang melewati tubuh hewan ternak dan dalam kecepatan yang demikian fantastis.

Pilobolus roridus

Penyebaran spora pada siang hari akan memberi kesempatan yang lebih baik untuk mendarat di tempat yang cerah di mana rumput atau tanaman sudah berkembang dan hewan-hewan ternak seperti sapi akan merumput disana.  Hal itulah yang menyebabkan spora-spora itu dapat menyebar kembali ke ternak dan rangkaian siklus hidup Pilobolus itu akan terulang kembali.

Berikut Klasifikasi kapang Pilobolus:

Kingdom:  Fungi

Subfilum: Mucormycotina

Ordo:  Mucorales

Family: Pilobolaceae

Genus:  Pilobolus

Daftar Acuan Gambar:

http://www.theasc.com/blog/wpcontent/uploads/2009/10/Pilobolus_roridusfs-01.jpg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s