Film Dokumenter Sebagai Media Belajar

Sungguh senang mengajar menggunakan media belajar. Membuat pembelajaran di dalam kelas tidak kaku dan cenderung monoton.  Guru yang kreatif senantiasa berusaha mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif, sehingga menjadikannya … PAIKEM (Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan).

Salah satu media yang sering digunakan dalam pembelajaran adalah FILM. Dalam hal ini adalah Film Dokumenter.  Sejak menjadi guru SMP di salah satu sekolah swasta di Jakarta Utara, penulis telah mencoba menerapkan penggunaan film dokumenter sebagai media belajar yang menarik, menyenangkan serta edukatif bagi peserta didik.

Beberapa keunggulan menggunakan film dokumenter, antara lain:

  • Merupakan media pembelajaran yang cukup terjangkau.  Harga DVD dokumenter semakin terjangkau dan dapat digunakan berulang kali (sebagai inventaris sekolah).
  • Dapat digunakan oleh hampir semua mata pelajaran (bidang studi), IPA (Biologi, Fisika, Kimia), IPS (Sejarah, Geografi, Ekonomi), Bahasa, Kesenian, PKn, dll.
  • Peristiwa dan kejadian adalah kejadian yang sebenarnya (secara apa adanya) – “based on true story
  • Mampu menghadirkan suasana dan kejadian seperti kejadian yang sebenarnya tanpa membahayakan nyawa manusia, misalnya menyaksikan peristiwa letusan gunung api.  Akan sangat berbahaya jika kita berada langsung di tempat kejadian letusan gunung api.  Atau dapat menghemat pembiayaan di dalam pembelajaran, misalnya saat belajar tentang negara Afrika Selatan, kita tidak perlu ke sana, tetapi dapat menyaksikan Afrika Selatan dalam tayangan dokumenter.
  • Peserta didik dapat mengingat materi pembelajaran dengan lebih baik, karena dalam film terkandung unsur visual, audio, dan dramatik (menggugah perasaan).  Diharapkan film dokumenter dipilih secara seksama & jika film tsb. cukup panjang durasinya, maka dapat  diambil potongan (klip-nya) agar dapat mengefektifkan penggunaan waktu belajar.  Beberapa klip film dokumenter dapat pula diunduh dari Youtube.

Yang seringkali dilupakan guru saat menggunakan film dokumenter adalah tindak lanjutnya (follow up).  Guru perlu mendesain tugas mandiri bagi peserta didik, sehingga ada tindak lanjut setelah menyaksikan film tersebut.  Misalnya memberikan tugas membuat sinopsis, makalah atau pengkajian lebih lanjut terhadap suatu materi pelajaran secara berkelompok (kecil 2 – 3 orang) untuk mengaktifkan pembelajaran yang sifatnya kolaboratif (Collaborative Learning).

Berikut beberapa judul film dokumenter yang dapat digunakan:

  • Krakatoa: The Last Day (BBC) –> Dokumentasi ttg. letusan gunung Krakatau (1883)
  • Supervolcano (BBC) –> bahaya letusan gunung api super raksasa
  • Galapagos: The Islands That Changed The World (BBC) –> penemuan teori Evolusi oleh Charles Darwin
  • Orang Utan Diary (BBC) –> konservasi Orang Utan di Kalimantan
  • Amadeus (Warnes Bros) –> Biografi Wolfgang Amadeus Mozart (Komponis musik klasik yang ternama)
  • Great Expectation (BBC) –> Drama dari novel karya Charles Dickens (dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia)
  • Planet Earth The Complete Series (BBC) –> Dokumentasi lengkap ttg. bioma di seluruh bumi (Kutub, gunung, gua, padang rumput, gurun pasir, air tawar, dunia es, hutan musim, laut dangkal dan laut dalam)
  • The Planets: Complete Series BBC) –> journey to the worlds beyond your imagination (film dokumentasi ttg. tata surya dan luar angkasa – astronomi)
  • Wild China Series (BBC) –> Seluk beluk kehidupan (satwa) & budaya masyarakat di negara Tirai Bambu
  • Human Planet (BBC)

        Mengikuti jejak program sejarah alam terbesar, Human Planet adalah sebuah epik yang menceritakan tidak hanya menceritakan ketakjuban dalam kehidupan manusia tetapi juga menceritakan tantangan hidup antara manusia dan alam semesta.  Manusia adalah spesies yang paling sukses di planet ini. Dari dinginnya kutub hingga panasnya hutan belantara, dari kepulauan kecil di lautan luas hingga gurun-gurun di padang pasir; manusia selalu menemukan cara-cara yang luar biasa dalam beradaptasi dan bertahan hidup di tempat-tempat paling keras di dunia ini.

  • Dan masih banyak lainnya ….. silakan googling untuk menggali informasi tersebut.

Berikut beberapa cuplikan poster-nya

Humanplanetlogo.jpg

Semoga dapat diterapkan dalam lingkup pembelajaran di dalam kelas. Membuat yang mengajar dan yang belajar lebih rileks dan santai, sehingga hasil pembelajaran pun dapat optimal.  Serius tapi santai – santai tapi serius ….

8 thoughts on “Film Dokumenter Sebagai Media Belajar

  1. Asalamualaikum,
    maaf pak saya pengen buat skripsi tentang media film dokumnter dengan model PTK, ada tidak film dokumnter yang mengenai sejarah krajaan hindu budha?

    1. Ada satu film dokumenter mini series (3 Episode) tentang yang berkaitan erat dengan kimia – Fisika dyang berjudul Atom (2007) hostnya : Professor Jim Al-Khalili

      Berikut salah satu cuplikannya dari link berikut: http://www.bbc.co.uk/programmes/b007tr91

      The Clash of the Titans
      AtomEpisode 1 of 3

      The first of three programmes in which nuclear physicist Professor Jim Al-Khalili tells the story of the greatest scientific discovery ever – that everything is made of atoms.

      As scientists delved deep into the atom, into the very heart of matter, they unravelled nature’s most shocking secrets. They had to abandon everything they believed in and create a whole new science, which today underpins the whole of physics, chemistry, biology and maybe even life itself.

      The series tells a story of geniuses like Albert Einstein and Werner Heisenberg who were driven by their thirst for knowledge and glory. It is a story of false starts and conflicts, ambition and revelation, a story which leads us through some of the most exciting and exhilarating ideas ever conceived by the human race.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s