Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

PAUD  adalah Pendidikan Anak Usia Dini.  Di Indonesia PAUD dapat dibedakan menjadi 4 (empat) macam yaitu :

  1. Taman Penitipan Anak (Day Care)
  2. Kelompok Bermain (Play Group)
  3. Taman Kanak-Kanak (Kindergarten)
  4. PAUD sejenis (Similar with Play Group)

Sedangkan di luar negeri hanya dikenal 2 macam PAUD, yaitu: Kindergarden atau Play Group (Day Care).

Berikut kutipan dari PP No. 17 tahun 2010 tentang Pendidikan Anak Usia Dini

Pasal 61

(1) Pendidikan anak usia dini berfungsi membina, menumbuhkan, dan mengembangkan seluruh potensi anak usia dini secara optimal sehingga terbentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya agar memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan selanjutnya.

(2)  Pendidikan anak usia dini bertujuan:

a.  membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkepribadian luhur, sehat, berilmu, cakap, kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab; dan

b.  mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, kinestetis, dan sosial peserta didik pada masa emas pertumbuhannya dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan.

Tentang Bentuk dan Jenis Satuan Pendidikan PAUD

Pasal 62

(1) Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal berbentuk TK, RA, atau bentuk lain yang sederajat.

(2) TK, RA, atau bentuk lain yang sederajat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memiliki program pembelajaran 1 (satu) tahun atau 2 (dua) tahun.

(3) TK, RA, atau bentuk lain yang sederajat sebagaimana dimaksud pada ayat  (1) dapat diselenggarakan menyatu dengan SD, MI, atau bentuk lain yang sederajat.

Pasal 63

Peserta didik TK, RA, atau bentuk lain yang sederajat berusia 4 (empat) tahun sampai dengan 6 (enam) tahun.

Pasal 64

(1) Penerimaan peserta didik pada satuan pendidikan anak usia dini dilakukan secara objektif, transparan, dan akuntabel.

(2) Penerimaan peserta didik pada satuan pendidikan anak usia dini dilakukan tanpa diskriminasi kecuali bagi satuan pendidikan yang secara khusus dirancang untuk melayani peserta didik dari kelompok gender atau agama tertentu.

(3) Keputusan penerimaan calon peserta didik menjadi peserta didik dilakukan secara mandiri oleh rapat dewan guru yang dipimpin oleh kepala satuan pendidikan.

Pasal 65

(1) Satuan pendidikan anak usia dini dapat menerima peserta didik pindahan dari satuan pendidikan anak usia dini lain.

(2) Syarat-syarat dan tatacara penerimaan peserta didik pindahan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur oleh satuan pendidikan yang bersangkutan.

Tentang Program Pembelajaran

Pasal 66

(1)   Program pembelajaran TK, RA, dan bentuk lain yang sederajat dikembangkan untuk mempersiapkan peserta didik memasuki SD, MI, atau bentuk lain yang sederajat.

(2) Program pembelajaran TK, RA, dan bentuk lain yang sederajat dilaksanakan dalam konteks bermain yang dapat dikelompokan menjadi:

a. bermain dalam rangka pembelajaran agama dan akhlak mulia;

b. bermain dalam rangka pembelajaran sosial dan kepribadian;

c. bermain dalam rangka pembelajaran orientasi dan pengenalan pengetahuan dan teknologi;

d. bermain dalam rangka pembelajaran estetika; dan

e. bermain dalam rangka pembelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan.

(3) Semua permainan pembelajaran sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dirancang dan diselenggarakan:

a. secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan mendorong kreativitas serta kemandirian;

b. sesuai dengan tahap pertumbuhan fisik dan perkembangan mental anak serta kebutuhan dan kepentingan terbaik anak;

c. dengan memperhatikan perbedaan bakat, minat, dan kemampuan masing-masing anak;

d. dengan mengintegrasikan kebutuhan anak terhadap kesehatan, gizi, dan stimulasi psikososial; dan

e. dengan memperhatikan latar belakang ekonomi, sosial, dan budaya anak.

Guna memahami pelaksanaan Pendidikan Anak Usia dini, maka diperlukan dokumen yang dapat dipelajari untuk menyelenggarakan Pendidikan Anak di Usia Dini.

Berikut terlampir dokumen yang dimaksud.

Permen-No-58-TH-2009 ttg PAUD

SE pendidikan di TK 2009

Pedoman Teknis Penyelenggaraan TPA_2010

Pedoman_Teknis_Penyelenggaraan_KB_2010

kerangka kurikulum PAUD

Standar Pengelolaan PAUD

Semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

  1. Program Paud di Indonesia dilaksanakan sesuai dengan kultur dan budaya lokal masing-masing daerah, kegiatan pembelajaran mengacu pada standar yang sudah ditentukan dalam perkembangan anak..artikel yang menarik..terima kasih..

  2. Pendidikan Anak Usia Dini hak tiap warganegara untuk memperoleh pendidikan sebagai generasi penerus bangsa dan negara Indonesia. Menjadi kewajiban orang tua untuk memikirkan demi terwujudnya cita-cita masa depan anak-anak di mulai sejak usia dini sebagai generasi penerus bangsa dan negara Indonesia.

    Salam hormat untuk Pak Mudarwan bersedia menyediakan waktu bekerja memberikan kebermanfaatan dengan mendowload file tentang Pendidikan di Indonesia.

    Mohon izin diperkenankan mendownload beberapa file tentang PAUD untuk kebermanfaatan diri saya sebagai warganegara. Terimakasih

    Salam hormat saya,
    Teguh Riyanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s