BELAJAR Biologi dengan metode Mindmap

Belajar Biologi akan lebih asyik menggunakan mindmap.  Seorang siswa dapat dengan bebas menuangkan pikirannya dalam bentuk mindmap.  Tinggal menuliskan kata-kata kunci dalam sub pokok pikiran & sub-sub pokok pikiran.

Menuangkan pikiran dalam format mindmap memacu kreativitas, karena si pembuat mindmap bebas menuliskan apa saja – tidak ada kaidah benar atau salah.   Mindmap yang dibuat seorang siswa mungkin akan berberbeda dengan siswa lainnya dan hal tersebut akan memicu kegiatan pembelajaran bersama-sama.  Bukankah berdua lebih baik daripada seorang diri?

Software Xmind dapat digunakan untuk membuat mindmap pembelajaran.  Berikut terlampir sebuah contoh mindmap untuk belajar Biologi dalam format pdf.

JAMUR

5 thoughts on “BELAJAR Biologi dengan metode Mindmap

    1. Mbak Rama,

      Mindmap atau peta pikiran adalah suatu bentuk diagram untuk mempelajari suatu konsep. Teknik belajar tsb. ditemukan oleh Tony Buzan.

      Cara membuatnya sederhana, tempatkan ide dasarnya (misalnya) di Biologi Jamur/Fungi, setelah itu isilah sub-sub topiknya dengan kata-kata kunci, dst dengan sub-sub sub topiknya.

    1. Kebetulan saya baru membuat 1 jenis mindmap – Biologi. Mas Rizki dapat menggunakan “om google” untuk search mindmap biologi lainnya ……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s