Carilah Maka Kamu Akan ….

Beberapa waktu yang lalu flashdisk-ku 8 Gb hilang entah kemana.  Aku berusaha mencarinya kemana-mana.  Kubongkar tas kecilku, kutumpahruakan semua isinya.  Namun, tak tampak sedikitpun flashdisk itu. Padahal flashdisk itu baru saja kubeli dan jadi andalanku untuk penyimpanan data.  Backpack besar yang ada di rumahpun kubongkar dan kuperiksa di sana-sini.  Tetapi tetap saja flashdisk hitam itu tak kutemukan.  Bahkan backpack itu sampai dua kali kuperiksa, tetap saja tidak kutemukan apa yang kucari.   Kutanyakan ke pembantu di rumah, apakah ketika membersihkan kamar, melihat flashdisk itu?  Ia menggelengkan kepala dan mengatakan tidak melihatnya.

Kucoba mengingat-ingat kapan terakhir kali aku menggunakannya.  Dua hari yang lalu aku masih menggunakannya pada laptop di rumah.  Setelah itu, “ia” kusimpan di backpack.  Namun, sehari setelah itu aku tak melihatnya lagi.  Pikiranku melayang ke malam sebelum ia hilang.  Jangan-jangan ia terjatuh di suatu tempat saat aku ke tempat temanku di daerah perkantoran Sudirman.  Namun kuingat-ingat lagi, sepertinya aku tidak mengeluarkannya saat di kantor itu.

Jangan-jangan ia terjatuh di kantorku. Kutanyakan keteman-teman sekantor, apa mereka melihat flashdisk itu?.  Namun tidak seorangpun melihatnya.   Kugeser lemari kecil dekat tempatku duduk dan memeriksa di bawah  dekat lantai  dan di area bawah meja kerjaku, tetap saja nihil.

Tidak putus asa.  Aku Ingat pesan temanku untuk mencari benda yang hilang di suatu tempat yang tidak terduga sama sekali.  Aku mencari di tempat yang kedengarannya tidak rasional, namun mungkin saja ia berada di situ.  Kuperiksa di belakang kolong lemari rak TV berada.  Dengan hati-hati kupindahkan TV besar itu dan dengan senter kuperiksa di belakang, di bawah kolong yang penuh debu itu, namun sekali lagi aku harus kecewa, karena ia tidak kutemukan.

Telah tiga hari ia raib.  Hampir pupus harapan untuk menemukannya.  Kamis malam itu, setelah membuatkan soal-soal untuk ujian tengah semester anakku. Aku mencoba sekali lagi memeriksa backpack hitam itu. Kubuka resleting di bagian tengah, di tempat biasa aku menaruh laptop. Kuperiksa dengan hati-hati inci demi inci.  Nihil.  Bagian depan backpack yang juga ber-resleting tak luput kuperika hati-hati untuk ketiga atau mungkin keempat kalinya. Kumasukkan tanganku, meraba bagian saku-sakunya, satu persatu – sampailah aku ke bagian yang agak sobek di tempat biasa pulpen kutaruh.  Ternyata di dalamnya ada sesuatu yang menonjol dan ketika kukeluarkan.  Kutemukan ia sekarang.  Ternyata tiga hari itu – flashdisk hitam itu ada disana.  Senang dan lega hatiku sekarang.  Ia yang hilang dan kucari-cari telah kutemukan.  Artikel yang kutulis ini – kusimpan dalam flashdisk yang hilang itu.

“…. dan setiap orang yang mencari, mendapat ….”

One thought on “Carilah Maka Kamu Akan ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s