Banjir di Jakarta

Mengapa selain di bulan Januari – Februari, pada bulan meipun Jakarta dapat dilanda banjir?

Hal itu didasarkan pada kenyataan bahwa Jakarta pernah dilanda Banjir pada 16 Mei 1984. Seperti yang dilansir Harian Kompas, 17 Mei 1984, … sebagian penduduk kampung sawah di pinggir mulut jalan tol Tomang mengungsi di kaki limah rumah yang terdapat di pinggir jalan S. Parman. Beberapa diantaranya menggunakan pos polisi setempat untuk tempat mengungsi. Sejumlah anak tampak tidur pulas di kaki lima kantor itu… Genangan air cukup tinggi di kawasan kampung sawah sebagai akibat sulitnya air mengalir ke hilir. Ini disebabkan pembuatan jalan tol yang merupakan tanggul penahan air dari arah tol yang belum diaspal ini nampaknya tidak mampu mengalirkan debit air yang cukup besar, sehingga genangan air di Slipi serta Kampung Sawah tidak segera habis … penyebab lain genangan cukup tinggi di daerah Tanjung Duren, Duri Kepa, serta Jelambar, karena sungai Grogol dan sungai Sekretaris tidak mampu menampung air …Kopro Banjir DKI Jakarta yang bertanggung jawab atas proyek ini sudah punya dana yang cukup, tapi sampai sekarang belum diketahui jelas mengapa pembangunan sodetan belum tuntas … (Sumber:  Kompas 1984).

Sebelum kembali banjir… sebaiknya persiapkan diri Anda.  Mulailah hidup dengan lebih tertib dan disiplin, dengan:

  • Tidak membuang sampah sembarangan sekecil apapun, utamanya ke got, kali atau sungai
  • Sedapat mungkin kurangi pemakaian plastik atau gunakan tas yang dapat digunakan berulang kali, karena sampah plastik sukar didaur ulang
  • Bagi mereka yang berkecimpung dalam pembangunan-pembangunan proyek,  agar dapat memperhatikan dan menerapkan analisis dampak lingkungan (amdal)
  • Melakukan reboisasi (penghijauan), krn akartanaman dapat menahan dan menyimpan air dalam jumlah besar

Daftar Acuan:

Gunawan, R. 2010. Gagalnya Sistem Kanal: Pengendalian Banjir Jakarta dari Masa ke Masa. Penerbit   Buku Kompas:  ix + 398.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s